Friday 15 January 2010

Nokia 6760 - Mobile Email Bergaya Geser Samping

Dirilis untuk menjadi petarung andal di segmen ponsel qwerty. Keapikan koneksi internet dan fasilitas messaging yang lengkap, menjadi senjata utamanya.

Pertarungan ponsel di segmen olah pesan kembali kedatangan penantang baru. Kali ini penantang tersebut datang dari kubu Nokia. Nokia 6760, ponsel yang diklaim sarat dengan kemampuan andal dalam urusan berkirim pesan dan internet ini diproyeksikan akan menjadi lawan tangguh bagi pinsel lain di segmen ini.
Selain Dianggap mumpuni untuk urusan email dan message. Ponsel ini juga membawa amunisi jejaring sosial yang komplit. Diantaranya Facebook, Friendster, dan MySpace. Aplikasi jejaring sosial ini terbungkus rapi dalam menu aplikasinya. Bagaimana kinerja ponsel yang disebut-sebut sebagai generasi penerus Surge (produk rilis Nokia untuk segmen pasar Amerika) ini? Simak hasil uji cobanya.

DESAIN
Desain slider dengan keypad qwerty didalamnya, sebenarnya cukup jadi daya tarik bagi ponsel ini. Apalagi tombol keypad yang nyaman dan besar saat digunakan untuk mengetik pesan. Sayangnya, tombol numerik tidak disediakan dibagian muka ponsel ini. Jadi bila ingin menekan nomor yang yang tidak terdaftar dalam daftar kontak, anda harus menggeser slide-covernya. Ini cukup merepotkan. Bentuk muka ponsel ini terlihat agak aneh dengan hadirnya angle kurva asimetris pada sisi layarnya.

LAYAR
Layar berukuran 2.4 inchi cukup memberikan kenyamanan saat digunakan untuk menampilkan informasi. Mengusung teknologi Active-Matrix, layar andal dalam menampilkan warna-warna kontras. Layar TFT beresolusi 240 x 320 pixels ini pun membawa accelerometer adapter, sehingga secara otomatis akan mengubah orientasi layar dari portrait ke landsacape atau sebaliknya saat slide-covernya digeser. Light detector-nya berfungsi dengan baik dalam mengatur pencahayaan layar.

KEYPAD
Keypad qwerty merupakan bagian terbaik dari ponsel ini. Ukurannya yang besar membuat jemari begitu mudah bergerak diatasnya. Sensitivitas masing-masing tombol ini juga cukup tinggi. Meskipun tidak dilengkapi dengan tombol empat arah di keypadnya, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena letak tombol navigasi empat arah tidak terlalu jauh dari badan keypad. Jadi, ibu jari masih bisa menjangkaunya tanpa kesulitan. Warna orange sebagai indikator numerik sangat membantu pengetikan.

KAMERA
Meski hanya menggunakan kamera 3.2 Megapiksel, namun jepretan kamera ini cukup memuaskan. Hasil jepretan kamera ini menampilkan detail yang rapat saat diperbesar hingga 200%. Dengan demikian, matrik pikselnya cukup solid. Hanya saja, saat modus kamera aktif, frame hitam diatas dan bawahnya sangat mengganggu pengambilan gambar. Sayangnya frame tersebut tidak dapat dihilangkan. Shutter (tombol kamera) agak turun naik saat mengambil gambar.

EMAIL dan MESSAGE
Ini dia fitur utamanya. Pengaturan email pada ponsel ini terbilang mudah. Tinggal memasukkan parameter (username dan password) yang disediakan, maka fungsi email langsung terpasang dengan apik. Meskipun masih memakai mekanisme pull, ponsel ini mampu menarik hingga 30 email baru dalam setiap kali tarikannya (terhubung ke server). modus email juga dapat melakukan cell broadcastong.

QUICKOFFICE dan ZIP MANAGER
QuickOffice tidak hanya mampu menampilkan dokumen office, tapi juga membuat file baru. Untuk menggunakannya secara utuh, anda harus membelinya secara legal. ZipManager akan membantu anda dalam bekerja dengan file kompresi. QuickOffice tidak dapat digunakan dalam mode trial.

PEMUTAR MUSIK
Peruntukan ponsel ini memang bukan untuk bertarung di jalur musik dan multimedia. Namun, kualitas suaranya terbilang baik. Meskipun speakernya tidak mampu menghasilkan suara yang lantang, namun detail suara yang dikeluarkan jernih. Pada tone tinggi dan rendah, ponsel ini mampu mengakomodasi suara sehingga tidak pecah. Atribut pengaturan suara pun terbilang lengkap. Bass booster dan stereo widening pun tersedia pada tabel pengaturan suaranya. Balance dan loudness dapat diatur pada kolom setting.

KINERJA
Ditilik dari desainnya, ponsel ini dikhususkan untuk pengguna profesional yang sarat akan aktivitas kantoran. Tidak hanya dari desain, fitur-fitur yang ada didalamnya pun mengarahkan ponsel ini untuk ikut meramaikan pasar ponsel profesional. Kinerja yang diberikan terkait pada fitur profesional seperti email, internet, dan office begitu baik dan stabil.

KINERJA BATERAI
Baterai teruji dengan sangat baik. Mensuplai tenaga untuk keperluan telepon, internet, dan game, ponsel ini mampu bertahan selama 4 hari tanpa pengisian ulang. Baterai berkapasitas 1500 mAh Li-Polymer ini menampilkan performa yang mengejutkan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home