Thursday 14 January 2010

Samsung Kian Mendekati Nokia

Seperti kerja keras Samsung dalam mengejar pangsa pasarnya, sekaligus mengejar Nokia yang masih bercokol di posisi nomor satu, sudah mulai membuahkan hasil Setidaknya itu berdasarkan data yang dikeluarkan oleh perusahaan analis, IDC. Disebutkan bahwa vendor ponsel asal Korea itu kini telah memiliki pangsa pasar ponsel dunia sekitar 30,5 %. Peningkatan pasar Samsung ini diprediksi disumbangkan oleh penjualan ponsel untuk segmen menengah. Sedangkan pangsa pasar Nokia sendiri saat ini masih berada di kisaran angka 35,3 %.

"Jarak antara kedua vendor itu diperkirakan akan semakin menyempit. Nokia kini harus menghadapi tantangan yang serius dari Samsung, yang diperkirakan mampu mengambil alih posisi Nokia untuk pasar Eropa Barat pada tahun 2010", ujar Analis IDC Fransisco Jeronimo. Ditambahkan Jeronimo, selama ini pasar ponsel di kawasan Eropa Barat merupakan wilayah kekuasaan Nokia yang menjadi tumpuan pangsa pasarnya.

Total jumlah ponsel yang terjual di Eropa Barat meningkat lima persen dari tahun lalu menjadi 46,8 juta unit sepanjang kuartal 3 tahun 2009. Ini merupakan peningkatan untuk pertama kalinya setelah pasar ponsel di wilayah tersebut mengalami penurunan lima kuartal berturut-turut. Penjualan unit ponsel pintar pun meningkat 2 % dari kuartal sebelumnya. Hal ini diprediksi karena kontribusi besar dari kemunculan iPhone Apple dan Blackberry Research in Motion (RIM).

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home