Saturday 2 August 2008







Mikrokontroller AT89S51 merupakan mikrokomputer CMOS 8-bit produksi Atmel yang berdaya rendah, dengan flash EPROM berkapasitas 4K byte. Mikrokontroller ini kompatibel dengan pena dan jenis instruksi (instruksi set) dari keluarga MCS-51. Selain memiliki ROM internal, AT89S51 juga dilengkapi dengan RAM internal berkapasitas 128 byte. AT89S51 dikemas dalam kemasan DIP (Dual In Line Package) yaitu kemasan IC dengan posisi kaki-kakinya atau pin-pinya di tepi kiri dan kanan sebanyak 40 pin. Dalam gambar 1. ditunjukkan susunan pin dari AT89S51.

Fungsi dari pin penyemat pada AT89S51 adalah sebagai berikut:

Fungsi-fungsi dari pin-pin AT89S8252 :

· Port 1 (Pin 1..8), merupakan saluran masukan/keluaran dua arah.

· Pin 9 RST, merupakan saluran dua masukan untuk mereset mikrokontroler dengan cara memberi masukan logika tinggi.

· Port 3 (Pin 10..17), merupakan saluran masukan/keluaran dua arah dan mempunyai fungsi khusus. Fungsi khusus meliputi TXD (Transmit Data), RXD (Receive Data), (Interupt 0), (Interupt 1), T0 (Timer 0), T1 (Timer 1), (Write), (Read).

· Pin 18 dan 19 (XTAL1 dan XTAL2), merupakan saluran untuk mengatur pewaktuan sistem. Pewaktuan dapat menggunakan pewaktuan internal maupun eksternal.

· Pin 20 VSS, merupakan hubungan ke ground dari rangkaian.

· Port 2 (Pin 21..28), merupakan saluran masukan/keluaran dua arah.

· Pin 29 (Program Store Enable), merupakan sinyal baca untuk mengaktifkan memori program eksternal.

· Pin 30 (Address Latch Enable), merupakan pulsa yang berfungsi untuk menahan alamat rendah (A0-A7) dalam port 0, selama proses baca/tulis memori eksternal. Frekuensi ALE adalah kali frekuensi osilator, dan dapat digunakan sebagai pewaktu. Pin ini juga berfungsi sebagai saluran program selama dilakukan pemrograman jika menggunakan memori program internal.

· Pin 31 /VPP (External Access Enable), untuk mengatur penggunaan memori program eksternal dan internal. Pin ini harus dihubungkan dengan ground bila menggunakan memori program eksternal dan dihubungkan dengan VCC jika menggunakan memori program internal.

· Port 0 (Pin 32..39), merupakan saluran masukan/keluaran open drain.

· Pin 40 VCC, merupakan saluran masukan untuk catu daya positif sebesar 5 volt DC dengan toleransi lebih kurang 10%.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home